Indonesian Christian Single Ministry: Menjalin Kasih Para Lajang

By: Rob | Hot News | 25 Apr 2009, 11:27:48 | Dibaca: 6802 kali

Di jagat kekristenan tanah air, terutama yang berkutat pada “teman hidup”, nama Indonesian Christian Single Ministry (ICSM) sudah dikenal. Komunitas yang memfokuskan pelayanannya bagi para lajang Kristen yang belum menikah. Termasuk di dalamnya pada janda atau duda, serta single parent. Tujuannya memediasa persahabatan dan pencarian pasangan hidup yang seiman. Komunitas ini bersifat interdominasi.

Komunitas ICSM didirikan atas inisiatif Pdt. Simson Pujianto. Sesungguhnya talenta yang dimilikinya ini sudah nampak sejak muda. Sewaktu bersekolah di tingkat SMU, ia kerap membawa surat cinta dari temantemannya yang tengah menjalin kasih.

Jodoh
Begitu juga ketika ia menjadi pelayan Tuhan. Usai berkotbah, suami dari Theresia Herawati ini sering didatangi dan dimintai nasehat tentang jodoh oleh anak-anak muda, meski topik-topik khotbahnya tidak menyoal masalah pacaran atau pasangan hidup. Ia merasa terbeban melihat kesibukan para lajang. Pergi pagi, pulang malam. Tidak ada waktu menjalin hubungan serius dengan rekan seiman. Di samping itu ia juga sering berjumpa dengan orang Kristen yang terlibat cinta lokasi dengan orang yang tidak seiman. Karena lingkungan kerja yang dilingkupi orang tidak seiman. Bahkan tidak kurang diamatinya para pengerja dan aktivis gereja yang akhirnya menikah dengan orang yang tidak seiman kerena berbagai sebab. Di sisi lain, masih banyak orang atau gereja yang menganggap tabu untuk bicara soal jodoh. Bahkan masih kurang wadah kristen yang peduli dengan masalah para lajang.

Dari situ Simson menggagas berdirinya Indonesian Christian Single Ministry (ICSM) yang berdiri pada tanggal 7 Juli 2006. Kini ICSM yang mengidentifikasikan dirinya dengan sebutan SEPADAN Community atau Komunitas SEPADAN telah beranggotakan kurang lebih 6.500 orang.

Cinta
Visi SEPADAN adalah mewujudkan generasi yang dicintai selaras dengan firman Tuhan dalam Kitab 1 Yoh 4:19. ”Selamatkan generasi lajang Kristen untuk hidup sepadan di dunia dan sepadan di surga,” katanya ketika berbincang sebelum perayaan natal SEPADAN di GBI Sungai Yordan, Roxy, Grogol, Jakarta Selatan, pertengahan Desember lalu.

Untuk sosialisasi, Simson memperkenalkan pelayanan ini melalui Radio Pelita Kasih (RPK 63.5 fm) dengan waktu on-air setiap hari Minggu pukul 23.00-24.00. Selain radio, pelayanan ini juga dapat disimak di Indovision ch 210 dan website www.radiopelitakasih.com.

Tidak hanya itu, ia pun mengabarkannya lewat KKR yang diadakan secara berkala. Tidak ketinggalan kecanggihan teknologi dimanfaatkan Simson. Bersama PT Alfa Omega ia mengadakan komunikasi via SMS dengan nomor 2425. “Saya mengajak para hamba Tuhan dan orang-orang Kristen untuk samasama bekerjasama memajukan pelayanan ini,” ujarnya.

Sebagai tindak lanjut ia membuat kafe “SEPADAN” sebagai sarana kopi darat para lajang usai berkenalan lewat SMS.

Caranya
Bagi Anda yang mau bergabung dengan komunitas ini, terlebih dahulu harus mendaftar melalui handphone dengan mengetik: “REG(spasi)SEPADAN” dan kirim ke 2425. Dari situ peserta dituntun untuk melakukan pendaftaran dan mengetahui keberadaan anggotaanggota lain.

Supaya lebih tertata, peserta diharapkan mengikuti pertemuan dan ibadah yang rutin diadakan. Aktivitas pertemuan semisal retreat dan rekreasi harus diikuti. ”Supaya anggota memiliki bekal dalam mengenal jalan yang Tuhan inginkan bagi mereka dalam memperoleh pasangan,” tuturnya.

Target Sepadan tidaklah muluk. Komunitas ini berharap pada 2010 seluruh Indonesia sudah mengenal pelayanan ini. Sehingga mereka yang mencari pasangan hidup bisa ditolong. “Paling tidak angka pernikahan campur pada anak-anak Tuhan bisa berkurang dengan signifikan,” harapnya.

Hingga saat ini sudah banyak lajang yang memperoleh pasangan hidup melalui komunitas ini. Mereka tersebar di seantero tanah air. ”Bahkan pada tahun 2009 sudah banyak yang mengambi l ancang-ancang untuk menikah,” t a n d a s S i m s o n sambil tersenyum.

Sumber: Renungan Pagi, April 2009

diggdel.icio.usfacebookredditstumbleuponTechnoratiYahoo Buzz!


Warta Populer


Layanan SMS

Untuk Renungan Malam
Ketik REG <spasi> REMA
Untuk Renungan Pagi
Ketik REG <spasi> REPA
Untuk Renungan Siang
Ketik REG <spasi> SIANG

Kirim ke:
Telkom (Flexi Classy, Trendy, Combo): 7363
XL (Jempol, Bebas, Explor): 7363

Untuk berhenti:
UNREG PAGI / SIANG / MALAM
& kirim ke nomor yang sama diatas

Khusus untuk TELKOMSEL
Ketik REG MALAM (atau SIANG, PAGI, MUDA)
Kirim ke 5454.
Untuk berhenti berlangganan, ketik UNREG MALAM (atau SIANG, PAGI, MUDA) ke 5454
*) Rp. 1000,- per SMS + PPN


Pengumuman

RALAT BAHANA cetak edisi November 2012
24 Okt 2012
Lowongan Penerbit Andi
15 Jun 2012
© Copyrigth @ CV. Andi Offset 2014
Contact: Online Devision
Jl. Beo 38-40
Yogyakarta, 55281
Indonesia
Tlp: 0274 545 465 ext. 204
ebahana.com v. 3.0.12.13