Penulis Kitab Ibrani

By: ryu | Bible World | 04 Okt 2010, 09:58:16 | Dibaca: 4491 kali

Kitab Ibrani adalah salah satu kitab dalam Perjanjian Baru yang, menurut para pakar, ditulis sekitar tahun 67- 69. Judul kitab ini dalam naskah-naskah Yunani yang tertua hanyalah, “Kepada Orang Ibrani.” Namun siapakah sebenarnya penulis kitab ini? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, ada beberapa kriteria yang harus diingat. Pertama, ia haruslah seorang yang memiliki pandangan yang luas dan jauh ke depan, seperti yang dimiliki Stefanus (Kis. 7). Karena penulis Ibrani sudah melihat arti universal fakta Kristus dan mengetahui bahwa gereja mempunyai misi sedunia. Kedua, ia haruslah menguasai Kitab Suci dengan baik.

Dari situ setidaknya ada empat nama yang pantas dipertimbangkan. Orang pertama adalah Paulus. Secara umum, Paulus memang diyakini sebagai penulis kitab Ibrani. Selama 1.200 tahun (tahun 400-1600), kitab ini biasa disebut sebagai Surat Paulus Kepada Orang Ibrani. Akan tetapi banyak ciri khas tulisan Paulus yang tidak terdapat pada kitab ini. Selain itu pernyataan penulis dalam Ibrani 2:3 menunjukkan bahwa penulis tidak bersama Tuhan Yesus selama pelayanan-Nya di dunia, dan tidak pula menerima penyataan khusus yang berasal langsung dari Yesus seperti yang dialami Paulus (Gal 1:11-12).

Orang kedua adalah Barnabas. Ia adalah sahabat Paulus yang berasal dari keturunan imam (Lewi). Dengan demikian ia tentu amat memahami seluk beluk pekerjaan keimaman, suatu pokok bahasan yang amat kental mewarnai isi kitab Ibrani. Orang ketiga adalah Lukas, sang penulis Injil Lukas dan kitab Kisah Para Rasul. Alasannya, gaya tulisan kitab Ibrani amat mirip dengan kedua kitab tersebut. Namun demikian, kemahirannya dalam soal-soal Kitab Suci sangat meragukan.

Orang keempat adalah Apolos. Ia adalah seorang pelayan Tuhan yang berasal dari Aleksandria yang cerdas dan mahir berorasi. Mengingat Yudaismenya yang dipengaruhi oleh Platonisme dan kegemarannya pada alegori, maka tidak mustahil ia menulis di Alexandria. Ia juga mengenal Timotius dengan baik (Ibr 13:23). Lukas menyebutnya sebagai orang yang yang mahir dalam soal-soal Kitab Suci (Kis. 18:24).

Akhirnya kita harus mengatakan bahwa tidak ada yang benar-benar mengetahui siapa penulis kitab Ibrani sebenarnya. Origenes mengatakan, ”Nama sebenarnya dari penulis Ibrani hanya diketahui oleh Allah.”

Sumber: Renungan Pagi, Oktober 2010

diggdel.icio.usfacebookredditstumbleuponTechnoratiYahoo Buzz!


Warta Populer


Layanan SMS

Untuk Renungan Malam
Ketik REG <spasi> REMA
Untuk Renungan Pagi
Ketik REG <spasi> REPA
Untuk Renungan Siang
Ketik REG <spasi> SIANG

Kirim ke:
Telkom (Flexi Classy, Trendy, Combo): 7363
XL (Jempol, Bebas, Explor): 7363

Untuk berhenti:
UNREG PAGI / SIANG / MALAM
& kirim ke nomor yang sama diatas

Khusus untuk TELKOMSEL
Ketik REG MALAM (atau SIANG, PAGI, MUDA)
Kirim ke 5454.
Untuk berhenti berlangganan, ketik UNREG MALAM (atau SIANG, PAGI, MUDA) ke 5454
*) Rp. 1000,- per SMS + PPN


Pengumuman

RALAT BAHANA cetak edisi November 2012
24 Okt 2012
Lowongan Penerbit Andi
15 Jun 2012
© Copyrigth @ CV. Andi Offset 2014
Contact: Online Devision
Jl. Beo 38-40
Yogyakarta, 55281
Indonesia
Tlp: 0274 545 465 ext. 204
ebahana.com v. 3.0.12.13