Cinta Terlarang

By: tee | Renungan | 11 Sept 2010, 00:19:08 | Dibaca: 2046 kali

Bacaan: 2 Samuel 13:1-14
Banyak hiburan yang disajikan, baik melalui layar kaca maupun lewat sendratari yang disuguhkan di taman budaya daerah masing-masing. Saya pribadi lebih menyukai sesuatu yang berbau seni klasik seperti sendratari daripada hiburan sinetron di layar kaca. Walau sekarang banyak sendratari yang dibuat konsep modern tapi saya masih juga menyukainya. Jalan cerita yang disajikan menarik seperti misalnya kisah percintaan terlarang dalam cerita Ramayana. Sebuah cerita asmara yang berujung tragis. Rahwana yang digambarkan sebagai sosok dengan segala keburukan menaruh hati pada seorang Dewi Shinta yang sejatinya adalah istri raja negara Ayodya yang bernama Rama. Sebuah cinta terlarang yang berakhir tragis ketika Rahwana merebut Sinta dari tangan Rama. Niatan ingin mengejar cinta, justru mengawali nasib tragis yang dialaminya. Rahwana tewas dengan memendam rasa cinta yang belum tersalurkan.

Berbicara tentang cinta terlarang, banyak kisah menarik dari Alkitab yang mengisahkan percintaan terlarang. Antara lain antara Daud dan Betsyeba. Dimana Daud merebut Betyeba dari tangan Uria karena ia tergoda akan kecantikan wanita itu sehingga Daud berbuat dosa. Demikina juga halnya dengan Amnon bin Daud yang jatuh cinta pada adiknya sendiri Tamar. Sebenarnya Amnon menyadari bahwa ia tak boleh memiliki Tamar, tapi karena saran dari sahabatnya Yonadab (ayat 3), ia disarankan untuk pura-pura sakit dan meminta Daud untuk mengijinkan Tamar melayaninya. Selanjutnya bisa kita baca di 2 Samuel 13:2 dimana setelah melakukan perbuatan dosa, Tamar dicampakkan Amnon begitu saja. Hal itu memuat Absalom, kakaknya sangat marah dan membeci dia.

Banyak kisah menarik yang ada di Alkitab maupun di masyarakat. Baik yang sudah dibukukan maupun yang masih menjadi cerita dari mulut ke mulut. Namun yang pasti kita mesti bisa memilah mana yang patut kita tonton dan mana yang tidak. Mana yang bermanfaat dan mana yang tidak. Terlebih dari itu kita harus bisa mengambil pelajaran dari kisah tersebut sehingga kita lebih bijaksana dalam bertindak. Jangan sampai mencemarkan diri dengan terlibat cinta terlarang.

Sumber: Renungan Malam, September 2010

diggdel.icio.usfacebookredditstumbleuponTechnoratiYahoo Buzz!


Warta Populer


Layanan SMS

Untuk Renungan Malam
Ketik REG <spasi> REMA
Untuk Renungan Pagi
Ketik REG <spasi> REPA
Untuk Renungan Siang
Ketik REG <spasi> SIANG

Kirim ke:
Telkom (Flexi Classy, Trendy, Combo): 7363
XL (Jempol, Bebas, Explor): 7363

Untuk berhenti:
UNREG PAGI / SIANG / MALAM
& kirim ke nomor yang sama diatas

Khusus untuk TELKOMSEL
Ketik REG MALAM (atau SIANG, PAGI, MUDA)
Kirim ke 5454.
Untuk berhenti berlangganan, ketik UNREG MALAM (atau SIANG, PAGI, MUDA) ke 5454
*) Rp. 1000,- per SMS + PPN


Pengumuman

RALAT BAHANA cetak edisi November 2012
24 Okt 2012
Lowongan Penerbit Andi
15 Jun 2012
© Copyrigth @ CV. Andi Offset 2014
Contact: Online Devision
Jl. Beo 38-40
Yogyakarta, 55281
Indonesia
Tlp: 0274 545 465 ext. 204
ebahana.com v. 3.0.12.13