Yayasan Sumber Sejahtera - Mendukung Gereja Mewartakan Kabar Baik

By: rob | Misi Gereja | 31 Des 2009, 09:03:35 | Dibaca: 2928 kali

Meski telah berkiprah selama 13 tahun di tanah air, eksistensi Yayasan Sumber Sejahtera (Yasuma) belum begitu dikenal luas. Padahal sudah banyak yang dilakukan lembaga yang akrab mendukung gereja ini. Peran Yasuma terhadap kelangsungan misi penginjilan di Indonesia tidak boleh dipandang sebelah mata.

Yasuma yang disebut juga dengan Bible League Indonesia (BLI) resmi berdiri di Indonesia pada 16 Oktober 1996. Institusi ini merupakan perpanjangan tangan dari pelayanan BLI yang berkantor di Chicago, Amerika Serikat. Dalam pelayanannya BLI mendukung peran gereja melalui dua program, yaitu proyek Filipus dan Church Planter Training (CPT).

Proyek Filipus merupakan sebuah program penginjilan dan pemuridan melalui penempatan Alkitab. Artinya melalui program ini Yasuma menempatkan Alkitab ke dalam setiap rumah untuk dapat dipelajari isinya. Menurut Direktur Nasional Yasuma Pdt. Yerry Efrain Tawalujan, M.Th, program penempatan Alkitab ini bukan program pendistribusian Alkitab. Sebab penempatan Alkitab dalam Proyek Filipus diatur dalam sebuah sistem pembelajaran firman Tuhan. Sistem pembelajaran ini dikemas menarik dan menyenangkan. Dengan kata lain Proyek Filipus ini merupakan suatu program untuk menolong setiap pribadi agar mengerti firman Tuhan.

Rasul Filipus
Keuntungan yang diperoleh gereja dengan mengikuti proyek Filipus sangat banyak. Karena proyek ini mendukung gereja bertumbuh bukan hanya dalam segi kuantitas tetapi juga kualitas.

Peningkatan dari kedua sisi tersebut disebabkan proyek ini memberikan pelatihan kepada aktivis dan jemaat mengenai penginjilan dan pemuridan. Materinya berasal dari modul-modul yang diadakan khusus untuk proyek ini. Gereja sendiri mendapatkan materi proyek dengan gratis. Tanpa mengeluarkan biaya. “Peserta yang telah menyelesaikan materi pembelajaran Proyek Filipus dapat membeli Alkitab dengan harga subsidi,” kata Tawalujan.

Adanya proyek ini tidak bisa dilepaskan dari filosofinya. Filosofinya sendiri ditarik dari Kis. 8:26-40. Kesaksian penulis tentang pelayanan Rasul Filipus terhadap sida-sida dari Ethiopia. Seorang pembesar dan kepala perbendaharaan ratu Sri Kandake yang membaca Alkitab, tetapi belum mengerti isinya.

Sedangkan program CPT, disebut juga program Pelatihan Penanaman Gereja, merupakan program pembukaan pelayanan baru. Program ini mendorong dibukanya pelayanan komunitas. Materi pelatihannya disusun sepraktis. mungkin, sehingga memudahkan pelayan-pelayan Tuhan serta para aktivis gereja yang terpanggil untuk itu.

Program CPT berlangsung selama 12 bulan dengan ketentuan: 20% kelas motivasi dan 80% praktek kerja lapangan. Kelas motivasi dibuat dalam 5 modul. Modul-modul tersebut diajarkan setiap 3 bulan sekali dalam training selama 3 hari. Keuntungan yang diperoleh dengan mengikuti program CPT adalah dengan diperolehnya ketrampilan praktis untuk diterapkan di daerah pelayanan. Pelatihan ini disubsidi penuh oleh Yasuma. Termasuk pengadaan pelatih dan tenaga pengajar yang berkompeten.

Modul Khas
Kedepan Yasuma lebih menekankan kepada kebutuhan gereja. Program yang disusun lebih kepada menjawab kebutuhan gereja. Termasuk melalui pemberian materi pelatihan guna pelayanan kejemaatan. “Kami sangat gembira sekiranya aras gereja, sinode atau sekumpulan gereja membantu menyusun materi pelatihan. Kami akan menerbitkannya,” kata Tawalujan.

Pada materi akan dicantumkan bahwa penyusunan modul bekerjasama dengan aras gereja, sinode atau kumpulan gereja tersebut. Sehingga bisa jadi materi dengan tema serupa bisa berbeda karena dibuat bersama mitra kerja yang berbeda.

Bila sinode atau gereja tertarik untuk memahami dan memperoleh dukungan dari lembaga ini bisa datang ke sekretariatnya di Green Ville Maisonet Blok FC No. 20 Tanjung Duren Jakarta. Atau bisa mengubungi telepon 021-5656360, 5656361 dan fax 56965526. Bisa juga dengan mengirim email ke info@blyasuma.org.

Sumber: Renungan Pagi, Desember 2009

diggdel.icio.usfacebookredditstumbleuponTechnoratiYahoo Buzz!


Warta Populer


Layanan SMS

Untuk Renungan Malam
Ketik REG <spasi> REMA
Untuk Renungan Pagi
Ketik REG <spasi> REPA
Untuk Renungan Siang
Ketik REG <spasi> SIANG

Kirim ke:
Telkom (Flexi Classy, Trendy, Combo): 7363
XL (Jempol, Bebas, Explor): 7363

Untuk berhenti:
UNREG PAGI / SIANG / MALAM
& kirim ke nomor yang sama diatas

Khusus untuk TELKOMSEL
Ketik REG MALAM (atau SIANG, PAGI, MUDA)
Kirim ke 5454.
Untuk berhenti berlangganan, ketik UNREG MALAM (atau SIANG, PAGI, MUDA) ke 5454
*) Rp. 1000,- per SMS + PPN


Pengumuman

RALAT BAHANA cetak edisi November 2012
24 Okt 2012
Lowongan Penerbit Andi
15 Jun 2012
© Copyrigth @ CV. Andi Offset 2014
Contact: Online Devision
Jl. Beo 38-40
Yogyakarta, 55281
Indonesia
Tlp: 0274 545 465 ext. 204
ebahana.com v. 3.0.12.13