• PELUANG EMAS UNTUK MENJADI AGEN MAJALAH BAHANA
  • SEKALIGUS PEWARTA KABAR BAIK!
  • ANDA BERMINAT? SILAHKAN HUBUNGI: KANTOR MAJALAH BAHANA:
  • JL. BEO 38-40, YOGYAKARTA 55281
  • TELP. (0274)561881 EXT 113/208

Menetapkan Sasaran

By: wsp | Tips | 30 Des 2009, 14:28:29 | Dibaca: 2214 kali

Sukses berkaitan erat dengan sasaran. Sama seperti sebuah tim sepakbola dikatakan sukses setelah sukses meraih sasaran (mencetak gol), hal yang sama diperlukan bagi Anda yang ingin mencapai kesuksesan dalam hidup Anda. Menetapkan sasaran adalah salah satu hal terpenting yang tidak boleh diabaikan. Berikut ada beberapa panduan bagaimana menentukan sasaran yang disingkat dengan S.M.A.R.T. Mari kita lihat bersama:

1. Spesific ‘n measurable (spesifik dan dapat diukur). Semakin rinci sasaran yang Anda buat akan semakin baik. Luangkan waktu untuk membuat sasaran yang ingin Anda capai dalam jangka waktu 10 tahun, 5 tahun, 1 tahun, bulanan, harian, bahkan sampai hitungan jam bila perlu. Jangan membuat sasaran yang tidak dapat diukur karena Anda tidak akan mengetahui sejauh mana kemajuan yang sudah Anda capai, termasuk sejauh mana kegagalan Anda dalam mencapai sasaran yang sudah ditetapkan. Sebuah pekerjaan yang terukur memungkinkan untuk diselesaikan dengan lebih baik. Beberapa contoh sasaran yang dapat Anda buat misalnya: menyelesaikan studi atau target pekerjaan yang sudah lama terbengkalai, menjadi karyawan terbaik, atau mulai melakukan ekspansi dalam bisnis yang Anda sedang tekuni.

2. Attainable (dapat dicapai). Untuk mencapai sasaran utama, buat sasaran antara yang dapat Anda selesaikan. Misalnya, dalam waktu 1 tahun ke depan Anda ingin menjadi orangtua yang lebih baik, Anda bisa menetapkan sasaran antara dengan mengikuti seminar keluarga, membaca bahan-bahan yang berkaitan dengan sasaran tersebut, atau mengambil komitmen untuk menepati janji terhadap anak-anak Anda. Sasaran-sasaran antara yang diselesaikan semakin mendekatkan Anda pada pencapaian sasaran utama dengan baik.

3. Realistic ‘n tangible (masuk akal dan jelas nyata). Ada baiknya untuk menetapkan sasaran menurut kemampuan yang Anda miliki. Hal ini akan membuat semuanya lebih logis dan nyata sehingga Anda juga bersemangat untuk menggapai target tersebut. Namun, ada kalanya juga Anda harus merentangkan iman untuk sesuatu yang sepertinya mustahil. Selamat menetapkan sasaran dan sambutlah kesuksesan yang sudah menanti di depan Anda.

*) disadur dari: Bill Newman/ 10 Exciting Keys To Success/ PBMR ANDI 2009

Sumber: Renungan Malam, Desember 2009

diggdel.icio.usfacebookredditstumbleuponTechnoratiYahoo Buzz!


Warta Populer




Berita IT

© Copyrigth @ CV. Andi Offset 2015
Contact: Online Devision
Jl. Beo 38-40
Yogyakarta, 55281
Indonesia
Tlp: 0274 545 465 ext. 204
ebahana.com v. 3.0.12.13