Persekutuan Pelayanan Kristen untuk Kesehatan di Indonesia (Kesejahteraan Bagi Semua Orang)

By: fao | Hot News | 20 Okt 2009, 09:17:45 | Dibaca: 2276 kali

Kesehatan merupakan bagian terpenting dalam hidup manusia. Tanpa kesehatan, manusia tidak dapat melakukan aktivitasnya dengan optimal. Karena menyadari akan pentingnya kesehatan, sejak dulu gereja telah secara aktif mengambil bagian dalam pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Kiprah gereja di dunia kesehatan Indonesia telah dimulai sejak para misionaris asing datang ke Indonesia. Mereka banyak mendirikan lembaga kesehatan guna mendukung pelayannya. Pada awalnya lembaga-lembaga pelayanan kesehatan yang bernaung di bawah berbagai denominasi gereja ini berjalan sendiri-sendiri, sehingga pelayanannya kurang efektif. Dari situ kemudian muncullah keinginan untuk membentuk suatu forum yang dapat menyatukan langkah bersama. Setelah melalui tiga pertemuan pimpinan lembaga pelayanan kesehatan Kristen, pada tahun 1983, terbentuklah Persekutuan Pelayanan Kristen untuk Kesehatan di Indonesia (PELKESI) di Balige, Sumatera Utara. Untuk saat ini, Sekretariat PELKESI berada di RS PGI Cikini, Jakarta.

PELKESI memiliki visi mewujudkan pelayanan kesehatan di Indonesia yang mendatangkan damai sejahtera Allah bagi semua orang. Sedangkan misinya, melaksanakan pelayanan kesehatan yang utuh dan menyeluruh (holistik). Pelayananan secara holistik meliputi fisik, sosial, ekonomi dan spiritual.

Peningkatan Kualitas
Menurut Direktur Eksekutif PELKESI Ir. F. Nefos Daeli, M.Kes. untuk mewujudkan visi-misi PELKESI, setidaknya ada dua hal yang harus diperhatikan dan diusahakan. Yang pertama adalah peningkatan pelayanan kesehatan di dalam (internal) rumah sakit, dan yang kedua adalah meningkatkan kesehatan di luar (eksternal) rumah sakit. Dalam upayanya meningkatkan kualitas pelayanan rumah sakit, PELKESI secara aktif mengadakan berbagai pelatihan tenaga medis bagi para anggotaanggotanya. Sedangkan untuk peningkatan kualitas kesehatan di luar rumah sakit dilakukan dengan mengadakan kegiatan-kegiatan yang dapat memberdayakan masyarakat.

Keanggotaan PELKESI menyebar di seluruh Indonesia, meliputi: yayasan atau badan di bidang kesehatan, rumah sakit, balai pengobatan, rumah bersalin, balai kesejahteraan ibu dan anak, lembaga pendidikan kesehatan, pabrik obat, dan para professional (individu) di bidang kesehatan.

Secara administrasi, wilayah pelayanan PELKESI terbagi dalam lima Wilayah Koordinasi. Wilayah I (mencakup seluruh Sumatera, kecuali Lampung), wilayah II (Lampung, Jawa Barat, Jakarta dan Kalimantan Barat), wilayah III (Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Timur), wilayah IV (Sulawesi, Maluku, Maluku Utara, Kalimantan Timur), dan Wilayah V (Papua).

Kerjasama
Tetap setia pada pelayanan bukanlah hal mudah di zaman sekarang. Apalagi dengan tantangan yang semakin kompleks. Berbeda dengan lembaga kesehatan yang berorientasi pada keuntungan, lembaga-lembaga kesehatan berbasis keagamaan masih mengutamakan visi pelayanan, tapi di sisi lain mereka juga harus mampu menutup biaya operasional mereka. Sayangnya, kata Nefos, pemerintah Indonesia menyamaratakan semua lembaga kesehatan, salah satunya mengenai pengenaan pajak.

Untuk itu, PELKESI bersama lembaga kesehatan keagamaan lain ikut dalam pembahasan UU Rumah Sakit. “Agar rumah sakit keagamaan lebih diperhatikan. PELKESI juga berkolaborasi dengan Perdaki (Katolik) dan Muhamadiyah kita punya forum bersama, dan sekretariat bersama,” tegas Nefos.

Sumber: Renungan Pagi, Oktober 2009

diggdel.icio.usfacebookredditstumbleuponTechnoratiYahoo Buzz!


Warta Populer


Layanan SMS

Untuk Renungan Malam
Ketik REG <spasi> REMA
Untuk Renungan Pagi
Ketik REG <spasi> REPA
Untuk Renungan Siang
Ketik REG <spasi> SIANG

Kirim ke:
Telkom (Flexi Classy, Trendy, Combo): 7363
XL (Jempol, Bebas, Explor): 7363

Untuk berhenti:
UNREG PAGI / SIANG / MALAM
& kirim ke nomor yang sama diatas

Khusus untuk TELKOMSEL
Ketik REG MALAM (atau SIANG, PAGI, MUDA)
Kirim ke 5454.
Untuk berhenti berlangganan, ketik UNREG MALAM (atau SIANG, PAGI, MUDA) ke 5454
*) Rp. 1000,- per SMS + PPN


Pengumuman

RALAT BAHANA cetak edisi November 2012
24 Okt 2012
Lowongan Penerbit Andi
15 Jun 2012
© Copyrigth @ CV. Andi Offset 2014
Contact: Online Devision
Jl. Beo 38-40
Yogyakarta, 55281
Indonesia
Tlp: 0274 545 465 ext. 204
ebahana.com v. 3.0.12.13