BPK Penabur Mengacu Kurikulum Cambridge

By: Rob | Misi Gereja | 31 Mar 2009, 08:58:39 | Dibaca: 5060 kali

Jakarta,
Bukan asal internasional. Tapi internasional yang bisa dipertanggungjawabkan. Begitu yang dikemukakan Ketua Badan Pendidikan Kristen (BPK) Penabur Ir Robert Robianto menjawab pertanyaan menyangkut kurikulum internasional yang dipakai BPK Penabur.

Usai peresmian Penabur Internasional Kelapa Gading yang bertajuk Take Me to My Dreams, Robianto menegaskan bahwa kurikulum yang menjadi acuan BPK Penabur adalah Kurikulum Cambridge. Kurikulum yang sudah diikuti 160 negara selama 120 tahun.

Acuan terhadap kurikulum Cambrige tidak lantas mengabaikan Satuan Unit Tingkat Pendidikan. Kurikulum NaŽsional itu tetap dianut untuk mempersiapkan para murid lulus ujian nasional.

Pilihan mendirikan sekolah internasional merupakan jawaban BPK Penabur akan tantangan global. Terutama me-nyambut Uni Asean 2015. “Sehingga skill manusia Indonesia nantinya tidak ketinggalan atau kalah bersaing dengan negara tetangganya,” ujar Robianto.

Ramainya sekolah internasional di Jakarta lebih khusus di kawasan Kelapa Gading tidak menciutkan institusi pen-didikan yang bernaung di bawah Gereja Kristen Indonesia (GKI). Kalkulasi pasar sudah rasional dicerna. Penduduk yang mayoritas memiliki latar ekonomi menengah ke atas dibidik. Tidak sedikit memang penduduk di kawasan ini menyekolahkan anaknya ke Singapura, Australia dan Amerika Serikat. Dengan adanya sekolah bertaraf internasional, orang tua cukup menyekolahkan anaknya ke BPK Penabur Kelapa Gading, sehingga para siswa tidak perlu berjauhan dengan orang tua dalam menuntut ilmu.

Fasilitas Wah
Gedung sekolah yang berdiri di atas lahan 1400 m2 ini dilengkapi dengan 58 ruang kelas dan ruangan laboratorium IPA, komputer, bahasa, kimia, fisika dan robotik. Prasarana unggulan lainnya berupa hall indoor multi guna dengan standard akustik tinggi khusus untuk kegiatan musik atau teater di lantai empat. 

Selain itu masih ada kolam renang berukuran standart olimpiade dan area parkir basement untuk kapasitas sekitar 220 mobil. “Sekolah ini juga menyediakan asrama untuk siswa dari daerah terletak di lantai 5 dengan kapasitas untuk 50 siswa,” jelas Robianto yang didampingi sejumlah pimpinan BPK Penabur Internasional Kelapa Gading.

Bangunan modern yang menelan dana Rp170 Miliar ini memanfaatkan secara optimal teknologi informasi dan komunikasi dalam proses belajar mengajar. Selain dilengkapi dengan wireless hot spots di setiap lantai dan kelas yang disediakan untuk kebutuhan siswa, setiap kelas juga terdapat LCD Projector, jaringan audio sistem dan layar proyeksi agar memudahkan proses pembelajaran multi media.

Pada tahun ajaran ini Penabur Internasional Kelapa Gading membuka pendaftaran untuk jenjang SD, SMP dan SMA. Kekhasan BPK Penabur bukan hanya menyiapkan para murid untuk menjadi orang yang mumpuni, berwawasan global, tetapi juga takut akan Tuhan. Berguna untuk keluarga, bangsa dan umat manusia. Kesemuanya itu melalui character building dengan christian value. Institusi yang berdiri pada 19 Juli 1950 ini sangat berpengalaman dan terbukti telah menghasilkan siswa-siswa yang pandai serta cerdas. 

Sejak berdirinya 58 tahun lalu, BPK Penabur sudah membuka sekolah di 15 lokasi. Jumlah ini akan terus bertambah dengan visinya menjadi lembaga pendidikan Kristen yang unggul dalam Iman, Ilmu, dan Pelayanan. Sedangkan misinya yang terus terjaga yaitu mengembangkan potensi peserta didik secara optimal melalui pendidikan dan pengajaran bermutu berdasarkan nilai nilai Kristiani.

Untuk diketahui sekolah internasional di kelapa gading ini merupakan yang ketiga. Menyusul BPK Penabur Tanjung Duren, Jakarta Barat dan BPK Gading Serpong, Tangerang.

Sumber: Bahana, Maret 2009

diggdel.icio.usfacebookredditstumbleuponTechnoratiYahoo Buzz!


Warta Populer


Layanan SMS

Untuk Renungan Malam
Ketik REG <spasi> REMA
Untuk Renungan Pagi
Ketik REG <spasi> REPA
Untuk Renungan Siang
Ketik REG <spasi> SIANG

Kirim ke:
Telkom (Flexi Classy, Trendy, Combo): 7363
XL (Jempol, Bebas, Explor): 7363

Untuk berhenti:
UNREG PAGI / SIANG / MALAM
& kirim ke nomor yang sama diatas

Khusus untuk TELKOMSEL
Ketik REG MALAM (atau SIANG, PAGI, MUDA)
Kirim ke 5454.
Untuk berhenti berlangganan, ketik UNREG MALAM (atau SIANG, PAGI, MUDA) ke 5454
*) Rp. 1000,- per SMS + PPN


Pengumuman

RALAT BAHANA cetak edisi November 2012
24 Okt 2012
Lowongan Penerbit Andi
15 Jun 2012
© Copyrigth @ CV. Andi Offset 2014
Contact: Online Devision
Jl. Beo 38-40
Yogyakarta, 55281
Indonesia
Tlp: 0274 545 465 ext. 204
ebahana.com v. 3.0.12.13